Untuk yang terkasih, Tami..


Tami, pekan ini kamu mengalami hari yang berat bukan. Kamu dihadapkan pada kondisi kondisi yang kamu tidak suka.
 
Tami, aku tau, kamu sedang tersiksa dengan sikap satu rekan kerjamu. Kata katanya sering membuatmu sakit hati. Kamu banyak diomongin kejelekanmu dihadapan banyak orang olehnya. Kamu pun sebal ketika ternyata dia menunjukkan hasil administrasi kerja yang lebih bagus dari kamu. Hal itu membuatmu lebih sebal bukan. 

Tami, kamu harus cerdas dalam menyikapi sikapnya. Pertama, sadarilah dia memang buruk, dia memang jahat. Tidak hanya kamu saja yang merasakannya, namun banyak orang pun merasakanya juga. Kedua, lapangkanlah dan cerdaskanlah hatimu untuk menyikapinya. Ketika dia sedang membicarakan kejelekan orang lain, maka skak dia dengan kata kata “sudahlah, nggak usah ngomongin kejelekan orang lain”. Ketiga, ga usah banyak ngomong sama dia, dan ga usah dekat dekat tempat duduk dengannya. Keempat, jangan pernah bercerita tentang dirimu padanya. Pasti nanti akan diomongkan dengan yang lain. Kelima, jangan pernah sikapnya mempengaruhi hasil akademismu. Jika dia lebih baik, maka tirulah itu. Lapangkan dan bijaksanalah. Tidak, jangan pernah mencari saingan. Namun Tami, peganglah prinsip hidup selama mengajar, bahwa kamu harus semangat berbagi ilmu, dan melakukan yang terbaik dihadapan Allah. 

Tami, hal yang lain pula, aku pun tau bahwa hari ini kamu sedang bersedih karena di perkuliahan kamu mendapatkan nilai yang tidak begitu bagus. Kamu sedih karena kamu yang mungkin dianggap orang lain orang yang cerdas, ternyata hanya mendapat nilai sekian.

Tami, ingatlah baik baik, kamu sekarang anggaplah dirimu sebagai gelas yang kosong yang tidak tau apa apa. Kamu adalah orang yang sedang belajar. Jadi, kamu tak perlu risau dengan hasil latihan yang sudha terjadi. Positive lah, bahwa kamu mesti banyak berlatih. Yang kamu kejar adalah kepemahanan. Tidak perlu mencari saingan di kalangan teman temanmu.

Ingatlah, bahwa kamu adalah orang yang biasa biasa saja. Tawadhu’ lah.
Be First to Post Comment !
Posting Komentar