My Major



 Hasil gambar untuk learning english cartoon
Ketika aku berkenalan dengan orang lain, beberapa pertanyaan yang sering diajukan adalah “Kamu dulu kuliah dimana?”, “Angkatan berapa?”, “Jurusan apa?”, dan lain lain. Ketika aku mengatakan bahwa jurusanku adalah pendidikan bahasa inggris, general respond yang sering terjadi adalah “Waah, bahasa inggris, pasti kamu jago yak?”, dan “Ajarin aku donk”. Dan ketika orang orang pada minta untuk diajarin bahasa Inggris, spontan kujawab, “Ayok”, “Kapan?”, dll. Namun kenyataannya, tidak ada yang menghubungiku setelah itu.

Dan, itulah fakta orang orang disekitar kita, suka basa basi untuk biar kelihatan akrab. Never mind. Aku juga sering melakukanya koq. Hihi.

Speaking of learning, aku sebenernya sangat ingin berbagi pengetahuan yang kupunya. Bukan untuk alasan finansial, namun untuk melatih ketrampilan mengajar saja. Jadi sebenarnya, ketika orang orang pada basi basi untuk minta diajarin, I did meant that.

Namun, bagiku, yang namanya menuntut ilmu itu, sejatinya bukan pengajar yang menawarkan, namun sang pencari ilmu lah yang harus berlelah lelah untuk mencari pengajar tersebut. Seperti Imam Syafi’I muda yang rela untuk berjalan jauhnya untuk berguru kepada Imam Malik. Karena keyakinan inilah, aku enggan untuk menghubungi para pencari ilmu yang katanya ingin belajar bahasa Inggris padaku.

Oh ya, berbicara tentang mempelajari bahasa Inggris yang masih merupakan foreign language di Indonesia, tentunya para penuntut ilmu masih akan kesulitan untuk mempelajarinya karena lingkungan kita masih jarang menggunakannya. Akan tetapi, kesulitan kesulitan tersebut bisa diatasi dengan beberapa strategi pembelajarannya. Berikut ada 7 rahasia bagaimana mempelajari bahasa asing yang diadopsi dari sebuah artikel di blog.ted.com.

Pertama, get real. Mulailah dengan hal yang sederhana. Kamu bisa memulainya dengan mencatat 30 kata dalam bahasa inggris, kemudian cobalah untuk menggunakanya dalam percakapan dengan kawanmu baik written atau spoken.
 
Kedua, make it as life style. Jadikanlah pembelajaran bahasa ini sebagai gaya hidupmu dan sebagai kebiasaanmu sehari hari. Kamu harus konsisten dan komitmen dalam kontinuitas belajar. Meski kamu sedang sakit, atau lemah, cobalah untuk terus mempraktikan kata kata yang sudah kamu catat tadi dalam berbicara, baik secara lisan maupun tulisan. 

Ketiga, play house with language. Ciptakanlah rumahmu menjadi English house. Kamu bisa melabeli semua peralatan dalam rumahmu dengan bahasa Inggris. Kebiasaan kamu melihatnya, dan juga menggunakannya akan mengasah kemampuanmu untuk memperkaya vocabulary dalam bahasa inggris.

Keempat, set your mind. Berfikirlah bahwa dengan mempelajari bahasa Inggris, maka kamu sedang membuat kunci untuk memasuki pintu gerbang pengalaman baru. Bayangkanlah kamu akan bisa berbicara kepada orang asing dari berbagai Negara dan akan mendapatkan banyak informasi tentang kehidupan social budaya dari negara negara di dunia.

Kelima, make new friends. Fungsi dari bahasa adalah berkomunikasi dan menyampaikan pebukan? Untuk itulah, mempunyai teman untuk bercakap cakap adalah hal yang penting dalam upaya berlatih kemampuan berbahasa asing kita. 

Kelima, Do not worry about making mistakes. Kebanyakan orang yang belajar bahasa inggris, malu untuk mempraktikkan bahasa inggrisnya. Stop! Bunuhlah rasa malu itu. Teguhkanlah niatmu untuk belajar. Orang lain malah akan sangat respect dengan usahamu yang mungkin terkadang masih salah salah itu. 

Semoga bermanfaat ya Teman. Jika kamu ingin menjadi penpalsku dalam belajar bahasa inggris, it would be lovely.

Be First to Post Comment !
Posting Komentar