Belajar Berbuat Baik


Bismillah.
Selamat pagi. Hari ini adalah hari Jumat. Sudah baca Al Kahfi belum? Sudah potong kuku? Sudah sedekah? Sudah menyiapkan doa untuk dibacakan di senja sore nanti? Dan, adakah berita gembira dari sisimu?

Hatiku sekarang segembira senyum di foto atas. Bukan kebetulan tentunya. Ada satu hal yang membuatku bergairah untuk menjalani hari ini. Apakah itu?

Begini ceritanya.
Tadi malam, sepulang kerja, aku membaca beberapa terjemahan ayat di aplikasi handphoneku. Tepatnya aku membaca surat An-Nisa. Kemudian, sampailah aku di ayat ke-39.
"...Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat, dan tetangga jauh, teman sejawab, ibnu sabil (orang yang dalam perjalanan), dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri".

Entah mengapa, seketika aku mempunyai ide untuk membuat a little project called "One Day One Deeds". Jadi, setiap hari aku akan membaca terjemahan Al Qur'an. Lalu, jika ada ayat yang isinya tentang perintah to do something or larangan to not do something, maka aku akan menjadikan ayat tersebut sebagai tema untuk hari yang akan aku lalui berikutnya. 

Like today. Tema hariku adalah An-Nisa 39. Sepanjang hari ini (Jumat, 14 Juni 2019) aku akan mencoba mengamalkan perintah ayat tersebut. Tadi pagi sudah kumulai. Ketika ada teman kantor (anggap saja sebagai tetangga dekat) yang meminta makananku, maka aku memberikannya. Padahal ada rasa berat hati karena posisinya aku sedang lapar sekali. Namun, aku ingat tema hari ini adalah An-Nisa 39. Maka, aku memaksa diri untuk mengamalkannya. 

Berbicara tentang kebaikan, aku ingat sebuah nasihat bahwasanya Allah itu dekat dengan kebaikan. Aku ingin dekat dengan Allah. Dan semoga, setiap usahaku untuk berbuat baik, bertambah pula kedekatanku denganNya.
Be First to Post Comment !
Posting Komentar