30 Hari Bercerita Day 9 (Tsabit bin Qais)


Ketika ada orang yang menolak untuk menikah karena alasan fisik, jangan menghakiminya ya.

Aku dulu seperti itu. Menghakimi pada kesan pertama kepada orang-orang yang menolak untuk dikenalkan dengan seseorang karena dia tidak cantik. Aku menyesal dengan sikapku itu. 

Bahwa menolak karena kita tidak tertarik dengan fisiknya itu sah-sah saja. 
Bahkan dulu, pada zaman Rasulullah SAW masih hidup, ada sebuah cerita tentang seorang istri yang meminta cerai karena suaminya tidak ganteng menurut versi sang istri. 

Begini cerita lengkapnya. 

Namanya adalah Tsabit bin Qais. Dia adalah salah satu sahabat nabi yang dijamin masuk surga (wiiih...). Beliau adalah khotib Nabi Muhammad SAW. Kalau Sang Nabi sedang tidak ada di tempat untuk memberikan khutbah Jumat, maka Tsabit bin Qais yang akan diminta untuk menggantikannya. (kereeeen kan). Konon kisah beliau ini ada di Surat Al Hujarat ayat 2 (Sumber info dari kajian Ustardz Nuzul Dzikri).

Nah Tsabit bin Qais ini mempunyai istri. Pada suatu hari, istrinya ini menemui Sang Nabi dan mengatakan "Ya Rasulullah, sungguh aku tidak menemukan ada kecacatan agama dalam diri Tsabit bin Qais. Dia sungguh sangat baik padaku. Aku takut aku kufur nikmat karena tidak dapat membalas kebaikannya. Aku tidak menyukainya."

Belum ada keputusan dari Sang Nabi. 

Lalu, pada suatu ketika istri Tsabit bin Qais ini berjalan-jalan melewati beberapa pemuda. Ketika melewati pemuda-pemuda tersebut, ia baru menyadari bahwa ternyataTsabit bin Qais itu orangnya hitam pekat kulitnya, dan paling pendek postur tubuhnya. Jika dibandingkan dengan pemuda-pemuda tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa Tsabit bin Qais ini tidak ganteng parasanya. 

Masalah selera itu adalah fitrah.

Lalu, Rasulullah akhirnya berkata "Silahkan kamu bercerai dengan Tsabit bin Qais."

Menolak fitrah membuat hidup tidak bahagia.

Jadi, mulai saat ini, apapun tindakan kita, apalagi yang itu sudah ditampakkan ke ranah umum, mudah-mudahan semuanya berlandaskan ilmu. 


Be First to Post Comment !
Posting Komentar