1 Muharram 1443: Who You Want to Become?

Hello. 

 

Selamat Tahun Baru Hijriyah ya. Tak terasa bulan terakhir di deretan bulan haram sudah tiba. Dzulqo'dah, Dzulhijjah, dan al-Muharram. Doa sejenak yuk.

 

"Ya Allah, masukkanlah kami pada bulan ini dengan rasa aman, keimanan, keselamatan, dan Islam, dan juga lindungilah kami dari gangguan setan, dan agar kami mendapatkan rida Allah." (H.R. Al-Baghawi dalam Mu'jam Ash-Shahabah, sanadnya sahih)

 

Ini bulan spesial tentunya. Aku tidak boleh melewatkannya begitu saja kan. Ini adalah momentum untuk melangitkan doa. Doa-doa apa yang ingin dipanjatkan di bulan ini? Targetan-targetan apa yang ingin dibuat? Perubahan-perubahan apa yang ingin dilakukan? 


Kata James Clear dalam bukunya yang berjudul Atomic Habbits, "When you are trying to change, the first thing to focus on is who we want to become, instead of focusing on what we want to achieve."

 

But, now, pertanyaannya adalah, kenapa aku perlu berubah? Aku perlu berubah karena aku menginginkan sesuatu yang lebih baik untuk diriku di masa sekarang dan masa yang akan datang. Selain itu, aku punya kepercayaan bahwa kehidupan setelah kehidupan ini perlu persiapan dan bekal. Jika aku gini-gini aja, aku akan punya bekal apa? 

 

So, pertanyaanya adalah, aku ingin menjadi orang seperti apa di Bulan Muharram ini?


Bingung juga mengidentifikasi keinginan kita. 

Hmmmm, close your eyes for a moment.



Well, mari kita rencanakan. 

1. Aku ingin menjadi perempuan yang lebih sehat dan ideal secara fisik.

2. Aku ingin menjadi perempuan yang sejahtera financial.

3. Aku ingin menjadi seorang perempuan yang bersemangat.

4. Aku ingin menjadi seorang perempuan yang khusyuk. 


Nah, setelah menetapkan suatu tujuan (a goal), maka kita harus menetapkan sebuah sistem agar tujuan tersebut tercapai. 

 

Kata James Clear, "If you want better results, then forget about the setting goals. Focus on your system instead."

 

Untuk mencapai itu, maka aku akan melakukan hal berikut ini dalam sehari. 

1. Plank pagi 1 menit

2. Plank sore 1 menit

3. Air putih 3 liter

4. No oil

5. No sugar

6. No kerupuk

7. Olahraga 30 menit

8. Deep work 

9. Makan nasi merah

10. Sarapan pake smoothie

11. Solat tahajud tiap hari

12. Puasa Senin Kamis

13. Gunakan at-Takwir untuk tahajud dan dhuha

14. Bangun jam 3 dengan kesadaran penuh


Aha, aku jadi inget suatu perkataan. "Ciptakanlah suatu sebab."


Bismillah.


Be First to Post Comment !
Posting Komentar