Mengulang-ulang Ilmu

Salah satu sebab saya mendapatkan rejection letter beberapa waktu lalu adalah karena tidak lain saya itu blekak-blekuk dalam berbicara dalam bahasa Inggris. Padahal,saya itu lulusan bahasa Inggris lho. Namun, kenyataan pahitnya adalah saya tidak mengusasi penuh tentang ilmu yang saya geluti di selama di bangku kuliah. Kenyataan pahit berikutnya adalah bahwa nilai IELTS saya jauh dibawah anak dosen saya dari jurusan Ilmu Komunikasi di kampus teratas negeri ini.

Kenyataan yang menyesakkan dada. Hiks. Tetapi, hal tersebut kemudian menjadi penyulut saya untuk mengambil sebuah langkah. Terinspirasi dari film Filosofi Kopi, saya ingin menghidupkan kembali mimpi yang dulu, yakni menjadi seorang pengajar Bahasa Inggris yang handal. Saya ingin mengajari anak-anak bagaimana berbahasa Inggris yang baik dan beradab. 

Therefore, saat ini saya mensetting diri saya pribadi sebagai seorang pre-intermediate English learners (you know, sudah berpuluh-puluh purnama saya meninggalkan dunia bahasa Inggris). Saya akan memulainya dari NOL kembali (doakan istiqomah yak). Berikut adalah tiga langkah yang saya adaptasi dari sebuah link untuk bisa berkomunikasi lisan dengan Bahasa Inggris dengan lancar. 

1. One Day One Speech
Terinspirasi oleh commencement speech yang dibawakan oleh Elen DeGeneres yang amat sangat hilarious, maka saya ingin setiap harinya membuat satu teks pidato yang akan saya bacakan sebelum saya tidur. Dengan begitu, saya akan melatih kemampuan menulis dan berbicara saya at the same time. 

2. One Day One Passage
Dulu saya pernah menjadi seorang freelance English writer yang tugasnya adalah membuat evergreen news. Yakni saya mencari artikel dengan topik tertentu, kemudian saya menuliskanya kembali dengan kalimat saya sendiri. Yah, dan saya akan memulainya lagi, insyaAllah.

3. One Week One Song
Saya jarang mendengarkan music, terus terang saja. Haha. Namun, untuk mendukung misi saya di atas, maka saya akan mewajibkan kepada diri saya pribadi untuk mendengarkan satu musik berbahasa Inggris. Saya akan memahami isinya, dan memperhatikan penggunaan kata yang dipilih. Sesekali saya akan menyanyi bersama penyanyinya, namun tidak dalam satu panggung lho yah. Saya juga akan mencoba menuliskan review isi lagu tersebut.
 
4. One Week One Movie
Yes, inilah yang ditunggu-tunggu. Watching movie. Salah satu aktifitas yang amat saya sukai. Namun, kali ini, agar menonton filmnya tidak berlalu sia-sia, saya akan menjadikan movie tersebut sebagai salah satu media untuk meningkatkan kemampuan berbahasa saya. Saya akan membuat sebuah laporan yang berbentuk review yang isinya antara lain, main idea, quotes of the movie, lesson from the movie, dan vocabulary/phrase/idiom yang ada dalam film tersebut.

Itulah empat rencana yang akan saya lakukan untuk complete my mission. It's always easier to talk than done. But, doakan, semoga semangat saya terjaga untuk mewujudkan misi tersebut. Banyak godaan di kanan kiri kawan untuk saya give up.

So, itulah misi saya dalam waktu dekat ini? Kalau kamu apa?
Be First to Post Comment !
Posting Komentar