Tentang Tawakal (by Raehanul Bahraen)



Image result for tawakal burung
source: https://www.google.co.id/search?biw=1128&bih=531&tbm=isch&sa=1&q=tawakal+burung&oq=tawakal+burung
  1. Tawakal itu ada rukunya (rukun: yang harus dipenuhi untuk sahnya suatu pekerjaan)
  2. Rukun yang pertama adalah mengambil sebab dan melaksanakan usaha.
  3. Rukun yang kedua adalah menyerahkan hasil akhir kepada Allah dan ridha terhadap apapun takdir Allah karena itu yang terbaik.
  4. “Seandainya kalian sungguh-sungguh bertawakal kepada Allah, sungguh Allah akan memberi kalian rezeki sebagaimana Allah memberi rezeki kepada seekor burung yang pergi dalam keadaan lapar dan kembali dalam keadaan kenyang “. (HR.Tirmidzi)
  5. Maksud tawakalnya burung adalah bahwa seekor burung itu tidak pernah tau makanan apa yang akan dia dapatkan ketika dia pergi meninggalkan sarangnya untuk mencari makan.
  6. Yang penting bagi burung adalah berusaha keluar sarang dulu. Yang penting berusaha. Tidak meninggalkan sebab dan usaha.
  7. Yang penting bagi burung adalah tidak stress dulu di sangkar terlalu lama memikirkan nasibnya.
  8. Yang penting bagi burung adalah optimis dengan rezeki Allah.
  9. Manusia yang tidak bertawakal adalah mereka yang tidak mau berusaha walaupun kecil. Mereka terkungkung dirumah saja.
  10. Manusia yang tidak bertawakal adalah mereka yang terlalu lama stress dan depresi dirumah memikirkan nasibnya dan terlalu lama berkutat dalam rencana dan prediksi akhirnya tidak jalan.
  11. Manusia yang tidak bertawakal adalah mereka yang pesimis dengan usaha yang dilakukan, bisa jadi karena gengsi dan malas.
  12. Padahal yang penting adalah USAHA DAHULU. Bergerak walaupun presentasi keberhasilanya sedikit. Ini lebih baik daripada stress, depresi, dan terkungkung tanpa usaha.
Be First to Post Comment !
Posting Komentar