4 Persiapan Menjelang Ramadhan

Begitu spesialnya bulan Ramadhan. Moment yang paling paling untuk semakin mendekat kepada Rabb yang menciptakan kita dan hanya kepadaNya kita semua akan kembali. Kembali dalam keadaan baik dan hati yang bersih (Qalbun Salim). Di Ramadhan pula adalah moment yang tepat untuk membersihkan dosa-dosa yang sudah menumpuk-numpuk dari 12 bulan sebelumnya.

Tersebab tamu spesial akan datang, maka pantaslah kita semua menyambutnya dengan persiapan yang baik dan terencana. Berikut saya akan mencoba untuk berbagai cerita tentang persiapan ramadhan apa yang saya lakukan.

1. Berdoa
Senjata seorang muslim adalah doa bukan? Saya mempercayai bahwa hal yang paling pertama dilakukan sebelum melakukan aktivitas adalah berdoa. Sebelum makan, berdoa. Sebelum naik kendaraan, berdoa. Sebelum masuk kamar mandi, berdoa. Kalau saya, sebelum memasuki bulan ramadhan nanti, saya meminta beberapa hal dalam doa, antara lain:
- Disampaikan dengan Ramadhan dalam keadaan sehat dan iman yang kuat
- Dimampukan untuk bisa full iktikaf 10 hari terakhir
- Ditenangkan dan dikhusyukkan hatinya
- Dikumpulkan dengan orang-orang sholeh dan berilmu

2. Membuat Target
Target adalah untuk membuat tiap waktu kita terarah pada target yang sudah ditetapkan. Agar tidak melakukan semaunya mood nya. Maka perlu untuk menyusun beberapa targetan. Mulai dari solat wajib dan solat sunnahnya, bacaan Al Quraanya bagaimana, sedekahnya mau seberapa, dan lain-lain. Berikut saya bagi sedikit tentang targetan Ramadhan saya ya.
- Solat 5 waktu berjamaah
- Qiyamul Lail/Tahajud setiap hari
- Khatam Al Quran minimal 2x
- Khatam membaca terjemahan Al Quran minimal 1x
- dll

3. Membuat jadwal harian
Dengan adanya target-target yang sudah kita pancangin, maka hari-hari kita akan semakin padat berisi. Waktu 24 jam mungkin terasa akan kurang. Untuk itulah, kita perlu mengatur waktu agar maksimal melakukan amalan-amalan sholeh tersebut. Contoh mau bangun solat tahajud jam berapa, sahur jam berapa, baca Al Quran kapan aja, baca buku mau jam berapa, dan lain-lain.

4. Menyiapkan Amunisi
Amunisi yang bisa disiapkan untuk Ramadhan bisa disiapkan dari sebelum Ramadhan. Contohnya adalah uang, mukena yang akan dipakai, alat tulis yang akan digunakan, Al Quran yang untuk dibaca biar ga cepet bosan dan lelah, buku-buku yang akan dibaca, baju yang akan digunakan untuk solat, kurma, dan lain-lain.

Nah, cukup sekian dulu tips persiapan Ramadhan dari saya. Semoga bermanfaat ya. 
Be First to Post Comment !
Posting Komentar