Mengenalkan Nabi Muhammad kepada Anak



Suatu sore di Rumah Belajar. Seperti biasanya, saya tidak siap materi untuk mengajar mereka. Always last minute ide baru muncul. Berharap hanya sedikit yang datang sebab hari itu gerimis rapat. Namun, qadarullah, hampir full anak yang datang. Alhamdulilah. Cliiiing...alhamdulilah dapat ide. Saya berencana akan mendongeng tentang Nabi Muhammad ketika peristiwa isra' mi'raj. Yeaaah...itu adalah materi kajian di kajian yang saya ikutin sehari sebelumnya. Hahaha...ilmunya masih anget dan tentunya saya paham dengan materi yang itu. Ga kayak Biasanya sih yang saya tidur pas kajian, jadi suka missing materi yang disampaikan.

Pertama, saya mengatur tempat duduk mereka agar membentuk setengah lingkaran. Suasana baru membuat fikiran menjadi fresh dan bersemangat tentunya. Moreover, U-Shape juga membuat anak-anak lebih banyak memperhatikan pembicaranya. Ini langkah preventif. Jaga-jaga kalau mereka nanti mencuekkan saya ditengah saya cuap-cuap. Lalu, saya membagikan potongan kertas untuk mereka menuliskan jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan. Mereka anak desa yang mental verbalnya kurang. Yaw udin saya kasih kertas saja dari pada mereka ga jawab. 

Pertanyaanya adalah apa yang mereka ketahui tentang Nabi Muhammad. Mereka pada bengong. Membeku. Saya terpaksa memberikan stimulus.
"Aaaah...kenapa kalian diam. Baiklah. Menurut kalian, Nabi Muhammad itu manusia apa bukan?", tanya saya.
"BUKAAAAAN". 10 anak tanpa kecuali menjawab dengan mantap dan kompak.
Saya serasa pengan koprol.
"Hmmm,,,menurut kalian, Nabi Muhammad itu masih hidup atau sudah meninggal?", saya bertanya dengan suara yang lebih rendah.
"Masih hiduuup", jawab sebagian anak dengan nada mantap tanpa ragu sedikitpun. Yang lain geleng-geleng.
 Saya pengen mengacak-acak rambut saya. 

Ironis. Sungguh surprise dengan fakta dan data yang saya peroleh waktu itu. Ini adalah tantangan baru. Mengenalkan mereka, para anak tetangga tentang nabi yang menjadi panutan mereka. 
Lalu, saya berfikir the how nya. 

Alhamdulilah tsumma alhamdulilah. Ada WA dari teman menawaribBuku series The Great Prophet Muhammad di waktu yang sangat tepat. Tanpa pikir panjang saya langsung memesan buku itu. Belum tahu isinya seperti apa, namun menurutnya bukunya berkualitas. Sekarang sedang proses memesan. Later, when the shipping had arrived, I'll make the review. InsyaAllah. 😉


Solo, 19 Maret 2019
4.28 PM

*Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tantangan 30 Hari Bercerita Rumlit Institut Ibu Profesional Solo Raya hari ke-14




Be First to Post Comment !
Posting Komentar