Mau Pajak Kendaraan Bermotor 5 Tahunan? Cek Kelengkapanya Yuk



18 Mei 2019
13 Ramadan 1440

Hal yang selalu aku lupakan adalah semuanya. Haha...Hmmm, tadi sih rencananya mau nulis "pajak motor", tapi kemudian ingatan-ingatan tentang "lupa" lainnya muncul he. Seperti pernah lupa pajak motor hingga 8 bulan, lupa tanggal ujian, lupa ngecek naskah yang mau dicetak, lupa belum ngunci rumah, lupa sama orang, lupa nama, dan deretan lupa-lupa lainnya. 

Kalian sebel karena aku sering lupa? Aku juga sih. Tapi aku sebel akan sifat ini aja. Bukan sebel akan the whole of my self.

Jadi, kali ini aku bakal bahas soal kelupaan akan kelengkapan pajak motor ya.
Biasanya, aku pajak kendaraan itu di Samsat keliling. Kalau di Solo aku biasanya ke Samsat keliling yang ada di depan Robinson atau depan Stasiun Purwosari. Jam operasional di sana itu ramah banget buat para pekerja yang pulangnya sore hari. Mereka mulai melayani pada pukul 16.00 dan tutup pada pukul 20.00.
Sebut saja, aku pajak kesana hari Selasa. Aku cukup hanya membawa STNK dan Kartu Identitas. 

Setelah datang, aku masukkan kedua dokumen tersebut di loket yang sudah disediakan. Biasanya nunggu sebentar, lalu akan dipanggil untuk membayar. Udah jadi deh itu pajak kita. Etapi, hari itu yang memanggil aku bukan dari loket pembayaran, melainkan dari loket pendaftaran. "Hey, what's going on ini", tanyaku dalam hati.

"Ya Pak?", tanyaku.
"Dengan Ibu Uli?", tanyannya.
"Betul Pak," kataku.
"Ini waktunya ganti plat Bu. Nanti Ibu pajaknya di Sasmat Klaten ya dengan membawa STNK, BPKB, Motornya, dan juga KTP," jelas beliau.
"Siap Pak," jawabku.

Aku pun bergegas pergi. Rencannya aku akan ke Samsat di hari Sabtu. Ya hari ini.
Jarak antara rumahku sampai Samsat lumayan jauh, 15 menit perjalanan dengan kecepatan 80km/jam. Aku sengaja berangkat pagi, agar segera pulang pagi juga.
Hmmm, tapi kalian tahu? Pas aku udah sampai Samsat, ternyata ada kebodohan yang aku lakukan (again)".
Aku tidak membawa BPKP.  

Ini bulan Ramadan. Masak aku hanya habisin waktuku di jalan aja dengan alasan ga elegan, yakni lupa bawa BPKP. Padahal kan udah dibilangin sebelumnya. 裸
Ya sudah terlanjur. Biar tidak sia-sia, maka aku mengisi perjalananku dengan dzikir. Biar tidak mubazir waktu yang ada kan.

Jadi, untuk kalian yang mau pajak kendaraan bermotor lima tahunan, maka beberapa hal berikut ini perlu dipertimbangkan:
1. Siapkan dokumennya (STNK, BPKP, KTP dan Kendarannya)
2. Siapkan uangnya. Karena ini pajak lima tahunan, maka pajaknya agak tambah dari biasannya.
3. Jika tidak puasa, maka bawalah minum karena menunggu plat nomor yang sudah jadi memerlukan waktu lama.

Begitu. Semoga bermanfaat.
Be First to Post Comment !
Posting Komentar