Menggapai Yakin dan Tawakal


Apakah kau telah puas dengan Ramadhanmu yang lalu?
Apakah hal yang kau sesali dari Ramadhanmu yang lalu?
Apakah yang inin kau gapai bila ini Ramadhan terakhirmu?
Di dalam ruang terdalam hatimu, adakah perkakas-perkakas yang perlu dibenahi?
Di dalam ruang terdalam hatimu, adakah noda-noda yang perlu dibersihkan?
Di dalam ruang terdalam hatimu, adakah karat-karat yang harus dikikir?
(adapted by Extraordinary Ramadhan Dompet Duafa)

9 Mei 2019
4 Ramadhan 1440

Hari itu, sekitar 20 jam sebelum Ramadhan 1440, aku dan sahabat-sahabatku berkumpul dan bermain bersama. Di tengah jalan, temanku mengatakan ingin mampir ke ATM. Jalan yang kita lalui adalah jalan asing, jadi kami tidak tahu dimana ATM itu terletak. Hingga pada suatu tempat, teman berujar "Eh, itu ada ATM. Tapi marka putusnya kecil, susah kali masuknya". Then aku bilang "Bismillah aja. Ada Allah pasti bisa." Dan betul, yang awalnya serasa tidak mungkin masuk untuk ukuran mobil tipe MPV, alhamdulilah bisa. Kekuatan yakin dan tawakal.


Pada 17 Maret 2019, alhamdulilah Allah kasih kesempatan untuk saya bisa solat syuru' di Masjid Al Aqsa ditemani dengan ponakan dan kakak. Seperti biasa, ketika masuk masjid atau mengikuti kajian, saya biasakan diri untuk senantiasa berinfak. Hari itu uangku tinggal 102.000rb. Rencana aku mau infak 2rb aja. Tapi masak iya untuk Allah cuma 2rb, padahal disitu ada 100k. Hmmm, maka dengan mantap aku masukkan lembaran warna merah itu. "Bismillah. Allah Maha Kaya." Beberapa hari setelahnya, saat dompet benar-benar kosong, Allah turunkan rejeki yang tidak disangka-sangka. Kekuatan yakin dan tawakal.

Happy tau ga sih punya hati yang seperti itu. Hati yang mantap, kuat, dan tidak ragu-ragu melangkah. Rindu dengan hatiku itu. 

Kenapa rindu?
Karena setelah beberapa kejadian yang berkaitan dengan proses penyempurnaan separuh agamaku belakang ini, membuat hatiku seperti tergoncang begitu. But, alhamdulilah kusyukuri semuanya. Mungkin Allah sedang menitipkan pesan penting di balik kejadian itu. 

Maka, di hari keempat Ramadhan ini, aku ingin menggapai hati yang yakin dan tawakal untuk urusan jodoh. Sehingga, dengan kekuatan itu, aku lebih optimis dan semangat berjuang untuk taat kepada Allah SWT. Mohon doannya ya. Terima kasih.
Be First to Post Comment !
Posting Komentar